Faithfulness

Minggu, 22 Januari 2012

Menyayangi seseorang adalah saat dimana kita dapat menerima apa adanya orang itu, bahkan rasa sayang itu melampaui rasa sayang kita terhadap diri kita sendiri. Mempertahankan seseorang yang berarti dalam hidup kita sangatlah sulit jika dibandingkan ketika kita berjuang untuk mendapatkannya. Memahami perasaan orang yang kita sayangi tidak dapat kita pelajari hanya dengan satu atau dua malam.  Butuh pengorbanan perasaan yang lebih dalam agar semua itu terwujud. Love needs Sacrifice. 


Why is this so hard? Menyayangi seseorang tidak dapat dinilai dari sikap, ucapan "i love you", atau bahkan materi yang telah kita berikan. Dalamnya perasaan satu sama lain tidak dapat ditentukan oleh lamanya hubungan tersebut terjalin. Banyak sekali contoh dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja :

Condition 1
Suatu pasangan terpisah karena suatu hal yang dirasa tidak cocok atau hanya disebabkan masalah kecil namun mereka tidak dapat saling memahami dan merasa bahwa mereka yang benar atau merasa yang paling berkorban, padahal hubungan tersebut sudah berusia tahunan. 
Condition 2
Suatu hubungan dimulai tanpa melalui peristiwa mengenal-dikenali atau seperti yang kita bilang PDKT, namun kedua orang tersebut mampu menerima dan mempertahankan apa yang mereka ingin pertahankan.

Tentu saja hubungan pasangan kedua dapat terjalin dengan baik jika dibandingkan dengan keadaan pasangan yang pertama. Oleh sebab itu, banyak sekali hal yang perlu kita perhatikan dalam setiap hubungan. Karena menilai dari salah satu pandangan saja tidak dapat dijadikan pertimbangan. Like my classmate always says, "Jangan melihat hanya dari satu sudut pandang saja". Looks like he is right for all of this. 

Memulai suatu hubungan seharusnya tidak didasari dengan keraguan atau keberuntungan, melainkan dimulai dari hati-percaya-menerima apa adanya-mempertahankan. Suatu rumus yang dirasa mudah namun sulit untuk dilakukan. Mungkin saya mempunyai beberapa cara agar kita setia terhadap pasangan dan komitmen yang telah dibuat :

1. Tidak menganggap remeh pasangan
Kita harus memperlakukan dia seperti yang dia harapkan tanpa meragukan apa yang sudah dijanjikan olehnya.

2. Bersikap terbuka
Bersikap terbuka bukan berarti menceritakan segala sesuatu yang telah kita alami. Ada kalanya kita menyimpan sesuatu hal demi menjaga perasaannya. Namun jika kita merasa kurang pas dalam hal sifat, komitmen, atau bahkan perubahan dalam dirinya, maka sangat penting bagi kita untuk mendiskusikannya bersama-sama sehingga dia tahu apa yang kita mau dan kita tahu apa yang dirasa kurang tersebut.

3. Tidak membandingkan pasangan dengan orang lain
Setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dalam pasangan kita tidak hanya harus diterima melainkan juga untuk dimengerti. Tidak adil rasanya jika kita membandingkan kekurangannya dengan orang lain yang kita rasa lebih daripada dia tanpa mengetahui kekurangan orang tersebut. Tentu saja perbandingan itu membutakan kita akan kelebihannya dan tidak akan pernah ada habisnya.

4. Komunikasi yang lancar
Suatu hubungan pasti dimulai dengan adanya komunikasi. Komunikasi adalah salah satu cara agar kita lebih mengenal dan terbuka dengannya. Tidak salah jika kita mengasumsikan bahwa 'ngobrol' itu penting bagi hubungan kita dengannya.

5. Berani mengaku salah dan meminta maaf
Berkorban dalam suatu hubungan , wajib hukumnya. Bukan hanya untuk kaum adam, melainkan kaum hawa juga mempunyai tanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan. Penting bagi kita untuk mengakui kesalahan kita dan meminta maaf padanya jika kita salah, tanpa harus mengungkit-ungkit kesalahannya di waktu lampau. Ingat, meminta maaf tidak menjadikan kita lebih rendah.

6. Membuang jauh-jauh perasaan bosan
Ada cara yang menurut saya bisa dicoba, yaitu dengan kita membayangkan sesuatu atau momen-momen indah milik kalian yang kalian habiskan dengannya. Jangan pernah mengisi pikiran dengan sesuatu yang negatif atau tentang kesalahan yang pernah dibuatnya.

7. Saling percaya dan melengkapi
Siapa bilang hubungan harus dimulai dengan kecocokan dan diakhiri dengan ketidak-cocokan? Sesuatu yang berbeda antara dua orang tersebut dapat dijadikan kekuatan dalam hubungan mereka. Susah memang, tetapi jika kita berpikiran positif, pasti akan terasa mudah. Kita bisa memperoleh sesuatu yang baru darinya begitu juga sebaliknya.

Semoga bermanfaat. Good Luck ^0^

0 komentar:

Posting Komentar