Soto Branggahan-Kediri

Rabu, 14 Maret 2012

Mungkin banyak dari anda semua yang tahu tentang makanan soto bukan? Namun tahukah kalian ada sebuah desa yang bernama Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Di desa ini berjejer warung-warung soto ayam yang khas. Soto ini adalah soto berporsi paling sedikit yang pernah saya temui (karena nafsu makan saya besar). Soto ini hanya berisi penuh pada mangkuk kecil dan dengan sendok bebek (seperti yang kita kenal) berwarna keperak-perakan. Soto unik ini sudah menjadi langganan saya ketika saya mudik ke desa bersama keluarga. Soto ini tergolong murah dan sesuai dengan porsinya. Harganya Rp 2.500,- / porsi. tetapi ada pula yang harganya Rp 3.000,- / porsi, tergantung dari pemilihan warungnya. Soto ini unik karena ada bumbu-bumbu tambahan dari soto-soto biasa yang kita temui. Seperti terdapat semacam tambahan santan di dalamnya yang membuat aromanya terasa lebih kuat.


Berbicara mengenai rasa, saya bisa menjamin anda bisa ketagihan. Ukuran pedas atau tidaknya soto ini dapat kita ubah-sesuaikan seperti selera kita. Karena penjualan soto ini dilakukan dengan diracik terlebih dahulu. Maksudnya, si penjual menawarkan berapa jumlah cabai yang kita inginkan, baru dia akan memasukkan cabainya. Menarik bukan? Jangan heran ketika kalian membeli soto branggahan ini, kalian menemui orang-orang yang bisa menghabiskan 5-6 porsi. Stay cool, guys! 

Para penjual juga menyediakan beraneka ragam lauk dan kerupuk tambahan untuk menambah kenikmatan anda. Jadi, jangan takut tidak kenyang, karena penjual-penjual soto branggahan ini akan siap menjamu anda dengan makanan khasnya. Namun berhati-hatilah, karena pada umumnya penjual-penjual ini  mulai beraksi  saat malam tiba. Jarang ada warung soto Branggahan yang buka pada siang atau pada pagi hari. Untuk masalah resep, sebaiknya anda dapatkan dari orang-orang asli Branggahan. Karena menurut saya, hanya mereka yang mempunyai resep aslinya yang secara turun-menurun diwariskan. Percaya atau tidak kebanyakan penjual Soto Branggahan ini adalah anak-anak dari orang tua yang dulunya juga berjualan Soto Branggahan juga. Soto Branggahan ini disarankan bagi anda yang ingin mudik atau bepergian di daerah Kabupaten Kediri dan sekitarnya. Jangan lupa berwisata kuliner di warung-warung Branggahan yang pasti akan memanjakan anda dengan masakan khas asli bagian dari Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar